3 Jurus Jitu Hilangkan Murung

Ada kalanya seseorang sedih atau murung. Meskipun kondisi tersebut wajar, namun bisa berdampak negatif pada aktivitas harian Anda. Menghilangkan kemurungan tidak susah kok. Sebuah riset mengungkapkan mengubah sesuatu yang berhubungan dengan emosi, seperti; rasa atau aroma dapat memperbaiki semangat dan menghilangkan kemurungan, seketika. Nah, mulai sekarang, jangan biarkan kemurungan menguasai diri Anda. Caranya?

– Makan makanan penggugah selera
Tahukah Anda bahwa sebenarnya indra pengecap dapat memperbaiki suasana hati yang gundah? Caranya, rangsang indra pengecap dengan berbagai cita rasa makanan. Misalnya: Gurame asam manis atau masakan pedas seperti rica-rica. Coba masakan yang tidak pernah Anda rasakan atau makanlah masakan yang asing di lidah. Sesuatu yang baru akan membuat pikiran Anda keluar dari kebiasaan lama dan membuat pusat syaraf di otak lebih fokus menstimulasi rangsangan baru yang asing. Atau dengan kata lain, pikiran Anda teralihkan, dan rasa murung pun hilang.
– Meningkatkan kualitas mandi
Mandi terutama berendam dalam bathtub adalah salah satu cara memanjakan diri dan relaksasi. Bagi Anda yang tidak memiliki bathtub, Anda bisa meneteskan minyak kayu putih di lantai kamar mandi atau di tempat yang berisi air panas sebelum Anda mandi. Aroma kayu putih akan mengaktifkan sensor pada indra penciuman, dan melancarkan aliran darah dan meningkatkan kadar oksigen di otak, sehingga Anda merasa lebih bersemangat dan senang. Anda juga bisa menggunakan minyak-minyak aromaterapi seperti lavender, atau citrus yang segar.
– Tersenyum
Kata orang senyum itu menular, dan memang benar. Coba Anda lihat wajah seseorang yang tersenyum kepada Anda. Meskipun Anda tidak mengenalnya, Anda akan terpancing untuk ikut tersenyum dan ikut tertular energi positifnya. Sama halnya jika Anda tersenyum. Mungkin awalnya terkesan palsu, tapi paksakan diri Anda. Menurut Mary Marcdanter, pengarang buku Living with Enthusiasnm, orang-orang yang dapat tersenyum selama 16 detik atau lebih lama akan merasa lebih positif dibanding dengan orang-orang yang tidak melakukannya. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih senang dalam waktu kurang dari 1 menit. Wow!
Sumber : Internet